Apa sech bluetooth itu...???

on 4.22.2008

Bluetooth di sini artinya bukan gigi biru lho, tetapi bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi data yang biasanya ditemui pada telepon seluler atau yang sering disebut dengan handphone. Selain pada handphone, teknologi bluetooth dapat digunakan pada komputer juga lho teman-teman. Fungsi dari bluetooth diantaranya adalah untuk mentransfer data atau file dari handphone ke handphone lain atau bisa juga dari handphone ke komputer atau sebaliknya. Tetapi ada syaratnya juga, jika ingin mengirim data atau file dari handphone ke handphone maka kedua handphone tersebut memang harus memiliki fasilitas Bluetooth juga.


Demikian juga jika ingin mengirim data dari handphone ke komputer, maka harus dipastikan komputer kita sudah terpasang USB bluetooth. Gambar di atas kiri adalah logo/symbol dari bluetooth. Jika di sebuah handphone terdapat logo itu berarti handphone tersebut sudah dapat menggunakan teknologi bluetooth.

Nama 'Bluetooth' sendiri berawal dari sebuah proyek yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer. Proyek ini berawal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand. Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu.

Layanan Bluetooth

Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan hingga 10 meter (~30 feet). Produk bluetooth ini dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain yaitu : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain adalah : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan lain sebagainya.

USB Bluetooth

Perangkat USB bluetooth saat ini memang sudah mudah dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan komputer. Alat atau hardware ini berfungsi untuk mentransfer data atau file. Bentuk USB bluetooth hampir sama dengan USB flash disk yang membedakannya hanya fungsi dan cara penggunannya. Cara menggunakannya mudah banget kok. Tinggal masukkan USB bluetooth pada port USB. USB Bluetooth akan langsung dikenali oleh komputer apabila sistem operasi komputer yang kita gunakan adalah Windows XP, karena Windows XP sudah menyediakan layanan untuk transfer data atau file. Apabila komputer kita menggunakan Windows 98 sebagai sistem operasinya maka kita harus menginstall terlebih dahulu driver USB bluetooth tersebut.

Dari penjelasan singkat di atas tadi, terlihat bahwa bluetooth mempunyai kemampuan untuk menawarkan solusi yang cukup efektif dan efisien serta praktis di dalam memberikan layanan kepada user untuk melakukan transfer data dengan kecepatan kurang dari 1 MB/s dan jangkauan yang relatif pendek dan singkat. Teknologi bluetooth masih memungkinkan untuk terus berkembang menuju kematangan baik dari sisi standarisasi maupun aplikasi yang dapat diterapkan.

Dengan pertimbangan bahwa bluetooth mampu menyediakan berbagai macam aplikasi dan layanan dan dengan biaya yang relatif murah, mudah dalam pengoperasian, interoperability yang menjanjikan serta didukung oleh berbagai vendor besar di bidang telekomunikasi maupun komputer, dan lebih dari 1800 perusahaan telah bergabung sebagai adopter teknologi ini, maka tidak mustahil teknologi bluetooth suatu saat akan menjadi salah satu primadona untuk digunakan baik untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran atau bisnis pada zaman sekarang yang serba modern.

0 komentar:

Posting Komentar


^ Scroll to Top ^